Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Dan Cara Gampang Menciptakan Nasi Uduk Dengan Rice Coker

Resep Masak Dapur - Selain nasi kuning, di Indonesia ini kita sanggup menemukan beberapa jenis nasi yang mempunyai citarasa yang istimewa, salah satunya : nasi Uduk. Nasi uduk berasal dari Betawi, masakan ini sanggup dibilang cukup terkenal di kalangan masyarakat.  Karena itu, tak mengherankan kalau kita sanggup menemukan masakan ini dengan mudah, baik di warung, rumah makan atau penjual lauk matengan di pinggir jalan. Berbeda dengan nasi kuning, nasi uduk mempunyai warna yang putih, namun untuk rasanya sanggup dibilang sama gurihnya alasannya yaitu dibentuk dari perpaduan rempah-rempah pilihan. Citarasa yang yummy dari nasi uduk akan semakin mantap kalau dilengkapi dengan lauk pauk pilihan, diantaranya : telur dadar, tahu goreng, ayam goreng, perkedel, sambal  goreng, dan sambal. Membuat nasi uduk sanggup dilakukan dnegan mudah, baik secara manual maupun memakai Rice Cooker.


Nah, kalau Anda termasuk penggemar nasi uduk, kenapa tidak coba membuatnya sendiri di rumah. Ingin tahu bagaimana belakang layar nikmat menciptakan Nasi uduk? Simak eksklusif tips dan cara menciptakan Nasi Uduk yang nikmat berikut ini :

Siapkan beras yang berkualitas

Memilih beras untuk diolah menjadi nasi uduk wajib dilakukan biar alhasil lebih sempurna. Pilih beras yang pulen biar alhasil lebih lembut dan yummy dinikmati.

Siapkan bumbu pilihan

Selain beras, Anda juga wajib menyiapkan bumbu rempah pilihan, contohnya : daun salam, serai, santan, kayu manis, cengkih, pandan, dan lain sebagainya. Pemilihan bumbu yang lengkap akan menciptakan nasi uduk buatan Anda tidak sekedar gurih dan nikmat, tapi aromanya akan sangat menggoda.

Pencampuran bumbu dan beras yang tepat

Jika Anda memasak nasi uduk dengan cara manual, maka Anda sanggup memasak beras bersama bumbu rempah dan santan dalam api kecil sebelum nantinya di kukus. Namun kalau Anda memakai rice cooker, maka proses pencampuran sanggup dilakukan sebelum Anda menyalakan rice cooker. Aduk-aduk sampai beras bercampur dengan bumbu. Pengadukan sanggup dilakukan kembali sehabis 20 menit sehabis rice cooker dinyalakan.

Bahan perhiasan

Agar penampilan nasi uduk semakin mantab, Anda sanggup menyajikan bersama bawang goreng dan lauk pauk pilihan, contohnya : ayam goreng, sambal goreng, tahu, dan sambal kacang yang khas.

Resep Nasi uduk yang Gurih dan Nikmat

Bahan-bahan yang dibutuhkan  :

•    500 gr beras, dicuci bersih
•    1000 ml santan kekentalan sedang
•    3 batang sereh dimemarkan
•    2 lembar daun salam
•    1 sdm merica bubuk
•    2 sdt garam
•    2 biji cengkeh
•    1,5 cm kayu manis
•    2 lbr daun pandan

Pelengkap :

  •  Ayam goreng tepung
  •  Bihun goreng
  •  perkedel kentang
  • Sambal goreng
  • Telur dadar tipis, diris halus
  • Bawang goreng, taburkan bab atas nasi
  • Kerupuk udang
  • sambal kacang

Cara menciptakan Nasi uduk :

1.    Campurkan santan bersama daun salam, sereh, cengkeh, kayu manis, dan merica bubuk. Rebus dengan api kecil sampai mendidih.
2.    Masukkan beras yang sudah dicuci bersih, masak dengan api kecil sampai air mengering dan santan meresap.
3.    Tambahkan garam, kemudian aduk rata
4.    Panaskan panci pengukus, kemudian masukkan nasi dan kukus sampai matang. Jangan lupa tambahkan pandan dalam panci pengukus biar nasi lebih beraroma.
5.    Nasi uduk siap disajikan dengan lauk pelengkap

Cara menciptakan nasi uduk memakai rice cooker

Untuk materi dan bumbu, sama dnegan yang sudah disebutkan diatas. Hanya saja untuk caranya yang berbeda, alasannya yaitu cara ini sanggup dibilang lebih simpel dan cepat.

Caranya :

1.    Setelah beras dicuci bersih, Anda sanggup memasukkan ke dalam panci rice cooker.
2.    Tuang santan kental dan semua bumbu rempah pilihan termasuk garam. Aduk-aduk sampai merata.
3.    Setelah itu, Anda sanggup menyalakan rice coker dan sehabis 20 menit, Anda sanggup mengaduknya kembali. Lalu tutup kembali dan biarkan nasi uduk matang.
4.    Untuk mendapat penampilan nasi uduk yang okey punya sebagaimana dimasak dalam panci pengukus, Anda sanggup mengukusnya secara manual selama 10 menit.
5.    Nasi uduk yang mantap siap disajikan dengan lauk pelengkap.
Hem, ternyata menciptakan nasi uduk tidaklah sesulit yang dibayangkan bukan? Semoga isu yang berjudul Tips dan cara Praktis Membuat Nasi Uduk dengan Rice Coker diatas sanggup bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya :

Rahasia Membuat Nasi Kuning yang Lengkap dan Nikmat
Rahasia Membuat Siomay Bandung Yang Nikmat
Tips Cerdas Menyimpan dan Hangatkan Makanan Agar Tidak Makara Racun
Cara Praktis Membuat Lontong Cap Go Meh Enak dan Lengkap
Rahasia Membuat Kue Cubit yang Empuk dan Lumer di Mulut

Kommentar veröffentlichen for "Tips Dan Cara Gampang Menciptakan Nasi Uduk Dengan Rice Coker"