Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Bermacam-Macam Jenis Tepung Dan Keuntungannya

Resep Masak Dapur - Jika Anda suka menciptakan Kue atau aneka sajian lainnya, niscaya tidak akan melewatkan penggunaan tepung sebagai materi utamanya. Jenis tepung sangatlah banyak dan kegunaannya juga niscaya berbeda antara satu dnegan lainnya. Bagi Anda yang gres berguru memasak, pengetahuan wacana bermacam-macam jenis tepung dan juga keuntungannya sangat wajib dipelajari supaya tidak hingga salah pilih. Dengan mengenal dan memahami manfaat tepung, maka sajian yang Anda buat niscaya akan lebih bervariasi, teksturnya sesuai harapan dan pastinya rasanya lebih sempurna.


Ingin tahu, apa saja jenis tepung dan manfaatnya? Simak pribadi informasinya berikut ini :

1.     Tepung Terigu

Tepung terigu termasuk jenis tepung yang cukup populer, alasannya ialah banyak dipilih sebagai materi utama kue, cake, atau bermacam-macam masakan lainnya. Tepung terigu dibedakan menjadi tiga jenis, yakni:
•    Tepung Terigu Protein Rendah, yakni yang mempunyai kadar gluten sekitar 8-11% dari gandum lunak. Terigu jenis ini mempunyai ciri-ciri, antara lain : daya serap air dan juga kadar gulanya rendah. Terigu jenis ini bila dibentuk adonan tidak lunak dan tidak mengecewakan sulit diuleni. Manfaatnya untuk menciptakan camilan manis kering, pastel, gorengan dan bakpau.
•    Tepung Terigu Protein Sedang atau yang biasa disebut sebagai all purpose flour, yakni mempunyai kadar gluten sekitar 12%. Terigu jenis ini biasanya dimanfaatkan untuk menciptakan adonan donat, cake, bapel, adonan fermentasi, dan lainnya.
•    Tepung Terigu Protein Tinggi atau yang disebut bread flour, yakni yang mempunyai kadar gluten minimal 13% dan terbuat dari gandum yang teksturnya keras. Ciri-ciri terigu jenis ini ialah mempunyai daya serap tinggi, gampang digiling dan elastis. Manfaat terigu jenis ini ialah untuk dibentuk roti dan mie.

2.    Tepung Maizena atau Pati Jagung

Tepung maizena terbuat dari sari pati jagung. Manfaatnya sendiri ialah untuk materi pengental sup, saus, susu, perenyah camilan manis kering, bakso, melembutkan cake. Biasanya penggunaan tepung jagung pada masakan tidak terlalu banyak, alasannya ialah bila berlebihan sanggup menjadikan camilan manis cepat berjamur.

3.    Tepung Tapioka/Kanji/Aci

Tepung tapioca atau kanji merupakan tepung yang dibentuk dari sari pati singkong/ubi kayu. Manfaatnya untuk dibentuk sebagai kerupuk, cake, cireng, adonan gorengan, dan lainnya.

4.    Tepung Panir

Tepung panir biasanya terbuat dari remahan roti yang mempunyai tekstur kasar. Manfaatnya sendiri ialah untuk menciptakan masakan menjadi renyah dan penampilannya terlihat lebih crispy, contohnya : udang goreng, nugget, kroket, dan lainnya.

5.    Tepung Hunkwe

Tepung hunkwe dibentuk dari saripati kacang hijau. Manfaatnya sendiri biasanya untuk materi kue, contohnya : nagasari, cendol, anggun manis, bahkan sanggup juga dicampurkan pada gorengan supaya lebih renyah.

6.    Tepung Sagu

Tepung sagu dibentuk dari materi saripati batang tanaman sagu. Manfaatnya sendiri hampir menyerupai mirip tepung kanji, bahkan sanggup saling menggantikan satu sama lainnya. Tepung sagu biasa dimanfaatkan untuk pembuatan camilan manis kering, dawet, bika ambon dan lainnya.

7.    Tepung Beras

Tepung yang terbuat dari materi beras. Manfaatnya untuk pembuatan camilan manis tradisional, rempeyek, bihun atau pelapis gorengan.

8.    Tepung Ketan

Tepung ketan dibentuk dari ketan putih yang mempunyai tekstur lebih kenyal dibandingkan tepung beras. Biasanya dimanfaatkan sebagai materi camilan manis lapis, cake dan aneka camilan manis lainnya.
Hem, sesudah mengenal aneka jenis tepung, sudah saatnya kita berkreasi menciptakan aneka sajian yang enak untuk keluarga tercinta. Semoga bermanfaat yaaa…
Baca Artikel Keren Lainnya

5 Trik masak Spaghetti yang Wajib Anda Tahu
Cara Masak Daun Singkong Agar Warnanya Cantik, Empuk, dan Tidak Pahit
Tips dan cara Praktis Membuat Nasi Uduk dengan Rice Coker
Tips Memasak Ayam Kampung Lebih Cepat Empuk dan Nikmat
Tips Memilih dan Menyimpan Tempe yang Benar dan Sehat

Kommentar veröffentlichen for "Kenali Bermacam-Macam Jenis Tepung Dan Keuntungannya"