Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali 4 Perbedaan Mentega Dan Margarin

Resep Masak Dapur - Sering merasa galau saat membedakan antara mentega dengan margarine? Bagi seorang yang masih berguru memasak, kebingungan tersebut ialah hal yang wajar, alasannya ialah sekilas kedua materi tersebut memang terlihat sama. Sebenarnya mentega dan margarine tidaklah sama, bahkan hasil yang diberikan pada kuliner juga jauh sangat berbeda. Wow, menarik sekali bukan? Daripada hanya menebak-nebak tidak jelas, mending eksklusif simak saja perbedaan antara margarine dan mentega berikut ini :



Proses pembuatannya

Margarin merupakan produk kuliner yang dibuatan oleh manusia, yakni dari minyak nabati yang diproses secara kimiawi, menyerupai : diputihkan, disaring, dihydrolis, penambahan pewarna dan penyedap.
Sementara itu, mentega dibentuk secara alami dengan proses pencampuran memakai tenaga mesin atau tangan guna memisahkan cairan dari lemak dan dilakukan memakai reseptor asam laktat yang biasa dibentuk dari basil yang secara almiah sanggup didapatkan dari semua produk susu.

Kandungan nutrisi keduanya

Mentega termasuk kuliner kaya nutrisi yang baik untuk tubuh, diantaranya : Vitamin A, D, E, dan K serta asam lemak yang sehat. Meskipun mentega termasuk produk susu, namun ia gampang dicerna badan serta tidak mengandung gula susu ataupun protein susu yang menjadikan alergi. Mentega mengandung lemak jenuh yang juga berbahaya bagi kesehatan jantung jikalau dikonsumsi berlebihan.
Sementara itu,  tidak mengandung vitamin, alasannya ialah kandungan vitamin E didalamnya sudah rusak akhir proses pembuatannya. Meski begitu, margarine mengandung lemak jenuh yang lebih sedikit dibandingkan mentega. Tapi, dalam margarine mengandung lemak trans yang sanggup meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik.

Tekstur dan warnanya

Margarin mempunyai tekstur lebih padat dan kaku, warnanya terlihat kuning terang dan tidak mudha meleleh. Biasanya dijual dalam bungkus plastic atau mangkuk plastik. Apabila panaskan, margarine akan mencair dan bermetamorfosis minyak berwarna kuning bau tanah dan agak mengendap dan apabila dikocok akan gampang lembek.
Sementara itu mentega atau butter mempunyai aroma yang lebih tajam dan menggugah selera. Mentega mempunyai warna kuning agak pucat dan mudha meleleh apabila dipanaskan. Mentega biasanya dijual dalam kertas alumunium atau didinginkan.

Kegunaan

Margarin lebih banyak dipakai untuk materi embel-embel masakan, contohnya : menumis bumbu, menciptakan saus, adonan minyak supaya kesannya lebih gurih,  dan lainnya. Sementara itu mentega sanggup dipakai untuk menciptakan camilan manis kering yang nikmat, empuk dan lembut. Mentega menciptakan camilan manis mempunyai tekstur anggun dan juga aroma yang lebih harum.
Hem, gimana sobat, sudah tahu kan perbedaan antara margarin dengan mentega.  So, jangan hingga salah pilih yaa….
Baca Artikel Keren Lainnya

Tips dan cara Praktis Membuat Nasi Uduk dengan Rice Coker
Rahasia Membuat Nasi Kuning yang Lengkap dan Nikmat
Cara Praktis Membuat Lontong Cap Go Meh Enak dan Lengkap
Rahasia Membuat Kue Cubit yang Empuk dan Lumer di Mulut
Rahasia Membuat Ayam Goreng Padang yang Nikmat

Kommentar veröffentlichen for "Kenali 4 Perbedaan Mentega Dan Margarin"